Friday, May 11, 2018

Rumus VLOOKUP Ke Kiri

Rumus VLOOKUP dari kanan ke kiri? Apakah bisa? Umumnya fungsi VLOOKUP bekerja secara vertikal mencari nilai tertentu pada kolom kunci yang terletak paling kiri dari sebuah tabel. Setelah nilai ditemukan, kemudian bergerak dari kiri ke kanan untuk mendapatkan nilai dari kolom lainnya sesuai nomor urut kolom yang ditentukan, yang sebaris dengan posisi nilai ditemukan. Proses ini mewajibkan kolom kunci berada pada posisi paling kiri. Bagaimana seandainya kolom kunci posisinya bukan paling kiri? Apakah harus memindahkan kolom tersebut? Ternyata tidak perlu, karena dengan bantuan fungsi CHOOSE, kita bisa menjadikan fungsi VLOOKUP lebih fleksibel, dapat bekerja dari kanan ke kiri. 

Contoh Soal:


Rumus Excel VLOOKUP Data di Kiri

Sudah tersedia sebuah tabel berisi data nama siswa. Tabelnya sederhana saja, hanya terdiri atas 2 kolom. Kolom pertama (A) berisi nama siswa. Sedangkan kolom ke-2  (B) berisi Nomor Induk. Selanjutnya anda ditugaskan untuk melakukan pencarian nama siswa dengan kata kunci berupa Nomor Induk. Bagaimana anda merumuskan pencarian data tersebut menggunakan fungsi VLOOKUP?

Soal tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

Contoh Soal Rumus Excel VLOOKUP ke Kiri


Contoh rumus VLOOKUP untuk cari data dari kanan ke kiri.


Dengan melihat contoh kasus dan dengan memperhatikan tabel dalam gambar di atas, maka kita tidak bisa menggunakan rumus VLOOKUP biasa untuk mencari nama siswa.

Mengapa?

Karena kolom NOMOR INDUK yang merupakan kolom kunci terletak disebelah kanan kolom yang ingin diperoleh hasilnya yaitu kolom NAMA.

Untungnya ada fungsi CHOOSE yang bisa mengutak-atik  dan merubah arah nomor kolom. Fungsi ini bisa menentukan mana kolom ke-1, mana kolom ke-2, ke-3 dan seterusnya. 

Untuk contoh kasus yang kita hadapi, kita hanya perlu menentukan kolom ke-1 dan kolom ke-2 saja. Kolom ke-1 akan terbaca seakan akan sebagai kolom paling kiri.

Secara umum fungsi CHOOSE untuk keperluan ini dapat dituliskan sebagai berikut:

=CHOOSE({1,2},rangeKolom1,rangeKolom2)

  • rangeKolom1 merupakan range kolom kunci. Dalam hal contoh adalah kolom NOMOR INDUK atau range B2:B8
  • rangeKolom2 merupakan range kolom hasil. Sebagai contoh adalah kolom NAMA atau range A2:A8


=VLOOKUP(NilaiDicari, Tabel, NomorUrutKolom,[LingkupPencarian])

Penjelasan lebih detail mengenai fungsi VLOOKUP dapat dilihat di artikel Rumus VLOOKUP untuk Apa Sich? 

Nilai argumen untuk penerapanan fungsi pada kasus sesuai contoh:

  • NilaiDicari = NOMOR INDUK ⇒ merupakan kata kunci untuk pencarian data lainnya yang terkait
  • Tabel = range tabel data NAMA dan NOMOR INDUK ⇒ dikarenakan kolom kunci NOMOR INDUK ada disebelah kanan,  maka argumen tabel harus kita modifikasi menggunakan fungsi CHOOSE
  • NomorUrutKolom = 2 karena kita akan jadikan kolom yang diinginkan nilainya (kolom NAMA) sebagai kolom ke-2
  • LingkupPencarian = 0, bersifat opsional namun sangat penting. Kita isi saja angka nol (0) supaya pencarian bersifat matching.


Selanjutnya secara umum rumus dapat dituliskan sebagai berikut:

=VLOOKUP(NilaiDicari, Tabel, NomorUrutKolom,[LingkupPencarian])

Berikutnya parameter tabel kita ganti dengan rumus CHOOSE

=VLOOKUP(NilaiDicari, CHOOSE({1,2},rangeKolom1,rangeKolom2)
,NomorUrutKolom,[LingkupPencarian])

Dengan mengganti argumen fungsi VLOOKUP dan CHOOSE dengan nilai dan referensi sesuai tabel contoh maka rumus untuk mencari NAMA yang memiliki NOMOR INDUK yang tertulis di sel F2, dapat dituliskan sebagai berikut:

=VLOOKUP(F2,CHOOSE({1,2},B2:B8,A2:A8),2,0)

Penerapan rumus tersebut dalam lembar kerja excel dapat dilihat dalam gambar berikut:

Contoh Rumus Excel VLOOKUP dari Kanan Ke Kiri


Sampai di sini, kita sudah berhasil menjawab pertanyaan yang sering muncul di antara user excel. Bagaimana melakukan VLOOKUP jika kolom kunci ada di sebelah kanan. Ada bebera alternative rumus memang, untuk menyelesaikan contoh kasus tersebut. Rumus VLOOKUP CHOOSE hanyalah salah satunya.

Demikian pembahasan singkat mengenai Contoh Rumus Excel VLOOKUP yang dapt mencari data dari kanan ke kiri. Semoga penjelasannya dapat mudah difahami. Harapannya tulisan ini bisa berguna bagi kita semua. 

Terimakasih.

Contoh Rumus Excel Lainnya:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.