Thursday, May 3, 2018

Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah


Mencari nilai tertinggi dan terendah di excel ternyata dapat dilakukan dengan sangat mudah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan rumus excel.  Penulisan formula untuk mencari nilai terbesar dan terkecil juga sangat ringkas dan sederhana. Cukup menggunakan satu fungsi, maka nilai paling tinggi dan paling rendah pun dapat segera diketahui. Ada beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan. Untuk mencari nilai tertinggi, kita bisa menggunakan salah satu dari fungsi MAX atau fungsi LARGE. Sedangkan untuk mencari nilai paling rendah kita bisa menggunakan fungsi MIN atau fungsi SMALL. 
Rumus Excel Untuk Mencari Nilai Terbesar dan Terkecil


Contoh Soal.



Misalnya sudah tersedia tabel berisi data nilai ujian siswa. Tabel terdiri atas 2 kolom. Kolom pertama (kolom A) berisi nama siswa, sedangkan kolom ke-2 (Kolom B) berisi nilai ujian. Selanjutnya anda ditugaskan untuk mencari :
  • Nilai paling tinggi (maksimum)
  • Nilai ke-2 tertinggi
  • Nilai paling rendah (minimum)
  • Nilai ke-3 terendah.
Soal Excel Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah



Kira-kira apa yang anda lakukan?
Untuk contoh tabel di atas sih gampang. Hanya dengan melototin data sebentar juga paling ketemu mana nilai yang paling besar dan mana yang paling kecil. Ya, memang untuk contoh kita gunakan data yang kecil dan sederhana. Manfaat sebenarnya akan terasa ketika kita bekerja dengan data yang banyak dan pekerjaan dilakukan secara berulang-ulang. Alih-alih mata perih memandangi data dan mencari nilai secara manual, lebih baik kita manfaatkan saja rumus excel.

Contoh Rumus Excel Untuk Menghitung Nilai Tertinggi.


Untuk mencari nilai terbesar, kita bisa menggunakan salah satu dari fungsi MAX atau fungsi LARGE.

Mencari Nilai Paling Tinggi Dengan Fungsi MAX


Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai maksimum atau nilai paling besar diantara elemen-elemen sebuah array atau diantara nilai sel-sel dalam range. Fungsi ini dapat dituliskan dengan syntax:

=MAX(bil1,bil2,bil3,…)

Dimana bil1,bil2, bil3 dan seterusnya merupakan bilangan-bilangan yang akan dicek mana yang merupakan nilai maksimum.

Misalnya: rumus =MAX(4,6,10,2,11) akan menghasilkan nilai 11 karena 11 merupakan nilai maksimum di antara bilangan yang dicek oleh funngsi MAX

Jika bilangan berada dalam sebuah range excel, maka kita bisa menggunakan satu range saja mewakili semua bilangan yang ada dalam range tersebut sebagai parameter fungsi MAX. Formula-nya dapat dituliskan sebagai berikut:

=MAX(range)

Dengan menggunakan referensi tabel contoh, maka parameter range dapat kita ganti menjadi A2:A9, sehingga rumus dapat dituliskan sebagai berikut: 

=MAX(B2:B9)

Dan hasilnya adalah 95, karena memang bilangan ini merupakan bilangan maksimum pada range A2:A9.

Tips: Untuk melihat elemen bilangan dalam range B2:B9, kita bisa merubah range tersebut menjadi array dengan cara letakan kursor pada formula bar dan seleksi bagian rumus B2:B9, kemudian tekan F9, sehingga rumus akan berubah menjadi:  =MAX({93;80;85;76;77;95;87;88}). 

Mencari Nilai ke-2 Tertinggi Menggunakan Fungsi LARGE


Fungsi LARGE berfungsi untuk mencari nilai ke-n tertinggi dari sebuah array atau range. Fungsi ini dapat dituliskan =LARGE(range, n)  dimana range adalah referensi range dimana kumpulan nilai berada, sedangkan n adalah nomor urutan tertinggi keberapa yang kita ingin cari.

Dengan pengertian di atas mak kita bisa menggantikan fungsi MAX dengan fungsi LARGE untuk mencari nilai tertinggi. Nilai tertinggi berarti nilai ke-1 tertinggi, maka kita bisa menuliskannya:

=LARGE(B2:B9,1)

Untuk mencari nilai ke-2 tertinggi maka kita cukup mengganti bilangan 1 menjadi 2 sehingga rumusnya menjadi:

=LARGE(B2:B9,2)

Dan hasilnya adalah 93.

Silahkan dicoba untuk menentukan rangking ke-3, ke-4 dan seterusnya.
Cukup mudah dan sederhana buka?

Contoh Rumus Excel Untuk Mencari nilai Paling Rendah.


Untuk mencari nilai Terendah, kita bisa menggunakan salah satu fungsi MIN atau SMALL

Mencari nilai terendah meggunakan fungsi MIN


Fungsi MIN bekerja sebaliknya dari fungsi MAX. fungsi ini berguna untuk mencari nilai minimum atau nilai paling rendah dari sekumpulan bilangan. Fungsi ini dapat dituliskan sebagai berikut:

=MIN(bil1,bil2,bil3,…)

Dimana bil1,bil2,bil3 dan seterusnya merupakan bilangan yang akan dicek oleh fungsi MIN. jika kumpulan bilangan tersebut terdapat dalam sebuah range excel, maka kita dapat menuliskan rumus MIN sebagai berikut:

=MIN(range)

Selanjutnya mari kita ganti parameter range tersebut menjadi referensi range B2:B9 sesuai tabel contoh.

=MIN(B2:B9)

Maka hasilnya adalah 76 yang merupakan nilai terendah diantara bilangan lainnya dalam range B2:B9.

Mencari nilai terendah ke-3 menggunakan fungsi SMALL.


Fungsi SMALL merupakan kebalikan dari fungsi LARGE. Fungsi ini berguna untuk mencari nilai ke-n terendah diantara bilangan dalam sebuah range.

Fungsi ini dapat dituliskan =SMALL(range,n). 

Sehingga untuk mencari nilai minimum (terkecil ke-1) dari bilangan dalam range B2:B9, kita bisa menuliskan rumusnya seperti ini:

=SMALL(B2:B9,1)  ⇒ hasilnya 76

Rumus tersebut bisa menggantikan rumus sebelumnya =MIN(B2:B9)

Sedangkan untuk mencari nilai ke-3 terbesar, maka rumusnya dapat dituliskan

=SMALL(B2:B9,3) ⇒ hasilnya 80

Rangkuman:
Sebagai ringkasan dari pembahasan diatas, maka untuk menjawab soal nilai tertinggi dan terendah diantara nilai ujian siswa (data pada range B2:B9) adalah sebagai berikut:

Rumus untuk Mencari Nilai Paling Tinggi:
=MAX(B2:B9)  atau  =LARGE(B2:B9,1)

Rumus untuk Mencari Nilai ke-2 Tertinggi
=LARGE(B2:B9,2)

Rumus untuk Mencari Nilai Paling Rendah:
=MIN(B2:B9)  atau  =SMALL(B2:B9,1)

Rumus untuk Mencari Nilai ke-3 Terendah
SMALL(B2:B9,2)

Penerapan rumus – rumus tersebut dapat dilihat dalam screenshot di bawah ini.

Contoh Rumus Excel Mencari Nilai Tertinggi Terendah

Demikian pembahasan ringkas mengenai contoh rumus untuk mencari nilai tertinggi (paling besar) dan terendah (paling kecil) diantara bilangan menggunakan fungsi MAX, LARGE, MIN dan SMALL.

Semoga bemanfaat.

Artikel terkait:



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.