Tuesday, May 22, 2018

Kalkulasi Penjumlahan Total Berjalan

Kalkulasi penjumlahan total berjalan atau running total merupakan operasi penjumlahan yang terus berlangsung mengikuti periode data yang sedang berjalan. Operasi penjumlahan ini biasanya digunakan untuk mengetahui seberapa besar nilai yang diperoleh sampai dengan saat ini, dimulai dari periode tertentu.

Contoh:
Rumus penjumlahan total berjalan menggunakan fungsi SUM digunakan untuk mengkalkulasi berapa besar total nilai pendapatatan sampai dengan bulan berjalan dimulai bulan Januari.


Contoh Rumus Excel Penjumlahan Total Berjalan


Rumus Umum

=SUM($A$1:A1)

Penjelasan

Rumus SUM untuk kalkulasi total berjalan harus menggunakan referensi range absolute sebagian. Referensi absolute diterapkan pada sel yang merupakan titik pertama atau start proses kalkulasi. Referensi absolute sebagian ini dimaksudkan supaya ketika rumus di copy ke sel di bawahnya, referensi sel awal tidak berubah, namun referensi sel kedua akan berubah mengikuti data berjalan. Sehingga setiap baris akan menghasilkan jumlah total sampai dengannya atau running  total.

Cara Kerja Rumus.

Perhatikan contoh rumus =SUM($C$4:C4) yang digunakan untuk mengkalkulasi total jumlah pendapatan sampai dengan bulan berjalan. Rumus tersebut diketik di sel D4.

Dapat kita lihat, referensi yang digunakan yaitu $C$4:C4. Kenapa tidak diketik C4:C4  atau $C$4: $C$4. Sesuai penjelasan di awal, $C$4:C4 merupakan contoh referensi yang bersifat absolute sebagian. Ini dimaksudkan ketikan rumus yang menggunakan referensi ini, ketika dikopi ke sel di bawahnya maka referensi $C$4 tidak akan berubah. Sehingga rumus  akan mengikuti pola sesuai nomor urut di tabel seperti berikut

  • Tabel Baris ke-1 =SUM($C$4:C4)
  • Tabel Baris ke-2 =SUM($C$4:C5)
  • Tabel Baris ke-3 =SUM($C$4:C6)
  • Tabel Baris ke-4 =SUM($C$4:C7)
  • Tabel Baris ke-5 =SUM($C$4:C8)
  • Tabel Baris ke-6 =SUM($C$4:C9)
  • Tabel Baris ke-7 =SUM($C$4:C10)

Dan begitu seterusnya, ketika  rumus dicopy ke sel dibawahnya maka referensi sel pertama dalam range tidak berubah, sedangkan referesnsi sel terakhir bersifat relative sehingg akan berubah mengikuti baris penempatan rumus.

Contoh Penerapan Rumus Total Berjalan Lainnya:

Selain menggunakan fungsi SUM untuk menghitung total jumlah pendapatan sampai dengan bulan berjalan. Referensi semi absolute juga bisa diterapkan untuk fungsi lainnya, 
Misalnya

Kalkulasi nilai rata-rata pendapatan sampai dengan bulan berjalan
=AVERAGE($C$4:C4)

Mengetahui nilai pendapatan maksimum sampai dengan bulan berjalan
=MAX($C$4:C4)

Mengetahui nilai pendapatan minimum sampai dengan bulan berjalan
=MIN($C$4:C4)

Mengetahui berapa kali pendapatan melebihi nilai tertentu sampai dengan bulan berjalan. Contoh: pendapatan lebih dari 3.000.000
=COUNTIF($C$4:C4,">3000000")

Mengetahui berapa kali pendapatan kurang dari nilai tertentu sampai dengan bulan berjalan. Contoh: pendapatan lebih kecil dari 3.000.000
=COUNTIF($C$4:C4,"<3000000")

Serta ada banyak rumus-rumus kalkulasi total berjalannya yang dapat kita buat. Silahkan diexplorasi lebih lanjut.

Demikian pembahasan singkat mengenai contoh rumus excel untuk kalkulasi total berjalan (running total). Semoga bermanfaat.

Contoh Rumus Exel Lainnya:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.