Thursday, May 17, 2018

Merubah Tanggal Menjadi Hari dan Bulan

Dari sebuah data ber-type tanggal atau date, kita bisa menarik informasi terkait tanggal tersebut, misalnya informasi nama hari dan bulan. Sebagian pengguna excel masih saja ada yang menggunakan kalender untuk mengetahui hari apa di tanggal tertentu lalu mengetiknya secara manual di excel. Sedangkan untuk mengenali bulan secara manual mungkin bukan hal yang sulit. Namun tetap saja cukup merepotkan jika datanya sangat banyak. Excel sendiri sebenarnya sudah menyediakan beberapa alternative untuk menyajikan tanggal dalam bentuk nama hari dan bulan. Salah satunya adalah dengan menggunakan rumus atau formula excel. Fungsi yang diperlukan untuk keperluan ini adalah fungsi TEXT. Kode [$-421] diperlukan untuk mendapatkan nama hari dan bulan dalam bahasa Indonesia.

Rumus Exel TEXT Nama Hari dan Bulan
Contoh Soal
Misalnya sudah disediakan sebuah tabel yang terdiri atas 3 kolom. Kolom pertama berisi data tanggal, kolom kedua berisi nama hari serta kolom ketiga berisi nama bulan. Secara sederhana, tabel dapat dicontohkan seperti dalam gambar di bawah ini.

Contoh Soal Rumus Excel Nama Hari dan Bulan


Rumus excel seperti apa yang bisa kita gunakan untuk mendapkan nama hari dan bulan?
Untuk mendapatkan nama  hari dan bulan kita bisa menggunakan fungsi TEXT. Fungsi ini dapat kita tuliskan sebagai berikut:

=TEXT(tanggal,format)

Tanggal = data bertype tanggal atau date, misalnya "01/05/2018"
Format = kode format tampilan text nama hari atau bulan yang diinginkan

Sebelum melangkah ke contoh rumus, perlu diperhatikan cara penulisan tanggal karena hal ini sangat dipengaruhi oleh regional setting. Umumnya kita perlu mengetikan tanggal dengan pola m/d/yyyy di formula bar. Artinya yang diketik pertama kali adalah bulan, kemudian hari (nomor urut tanggal) dan selanjutnya tahun. Masing-masing dipisahkan oleh garis miring. Makanya sangat penting untuk mengenali bagaimana excel merespon data tanggal yang kita ketik, karena umumnya orang indonesia menuliskan tanggal dengan pola dd/mm/yyyy

Sebagai contoh, jika kita mengetik 5/1/2018, mungkin excel akan mengenalinya sebagai tanggal 1 Mei 2018, bukan 5 Januari 2018, seperti contoh dalam gambar di bawah ini.

Contoh Cara Penulisan Tanggal di Excel


Kembali ke rumus excel untuk merubah tanggal menjadi hari dan bulan. Kunci dari rumus ini adalah kode format yang digunakan sebagai parameter fungsi TEXT

Untuk merubah tanggal menjadi nama hari kita bisa gunakan kode "ddd" (bentuk singkat) dan kode "dddd" (bentuk nama hari lengkap). Sedangkan untuk mendapatkan nama bulan, kode yang bisa digunakan adalah "mmm" (singkat) dan "mmmm" (lengkap). Dalam hal ini kita akan gunakan contoh versi format lengkap.

Sesuai tabel contoh, kita akan mulai mengetikan formula excel di sel B2 dan sel C2 yang merujuk pada data tanggal di sel A2.

Rumus di sel B2, merubah tanggal yang ada pada sel A2 menjadi hari
=TEXT(A2,"dddd")

Rumus di Sel C2, merubah tanggal yang ada pada sel A2 menjadi bulan
=TEXT(A2,"dddd")

Kemudian copy rumus di sel B2 dan sel C2 ke sel di bawahnya sampai baris akhir data. Hasilnya akan nampak seperti screenshot berikut:

Contoh Rumus Excel TEXT Merubah Tanggal Menjadi Hari & Bulan



Berdasarkan gambar di atas, dengan menggunakan kode format "dddd" dan "mmmm" maka diperoleh nama hari dan bulan dalam bahasa Inggris. Ini karena komputer yang saya gunakan menggunakan regional setting USA.

Supaya bisa diperoleh nama hari dan bulan dalam bahasa Indonesia, tanpa peduli regional setting komputernya, maka kita harus memaksa rumus excel supaya menampilkan tanggal dan hari dalam bahasa Indonesia. Caranya adalah dengan menambahkan kode "[$-421]" sebelum "dddd" atau sebelum "mmmm”

Sehingga rumus di atas dapat kita modifikasi lagi sebagai berikut

Rumus di sel B2, merubah tanggal yang ada pada sel A2 menjadi hari dalam bahasa Indonesia
=TEXT(A2,"[$-421]dddd")

Rumus di Sel C2, merubah tanggal yang ada pada sel A2 menjadi bulan dalam bahasa Indonesia
=TEXT(A2,"[$-421]mmmm")

Kemudian copy rumus di sel B2 dan sel C2 ke sel di bawahnya sampai baris akhir data, sehingga hasil akhirnya akan nampak seperti screenshot di bawah ini:

Contoh Rumus Excel Nama Hari dan Bulan Bahasa Indonesia



Sampai disini dulu pembahasan kali ini mengenai Contoh Rumus Untuk Merubah Tanggal Menjadi Hari dan Bulan menggunakan fungsi TEXT. Selain itu juga sudah digunakan bagaimana cara memaksa rumus excel supaya bisa menampilkan nama hari dan bulan dalam bahasa Indonesia. Semoga uraiannya mudah difahami dan bisa bermanfaat.

Contoh Rumus Excel Lainnya:



1 comment:

  1. Bagaimana cara merubah tanggal yang angka menjadi hurup bos?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.