Sunday, May 20, 2018

Membuat Histogram Menggunakan Rumus Excel

Grafik histogram di excel biasanya dibuat menggunakan fitur Insert Chart. Namun tahukah anda, ternyata histogram juga dapat dibuat menggunakan rumus. Nah, sesuai topik blog ini yang membahas berbagai contoh rumus excel, kali ini kita akan membahas bagaimana membuat histogram menggunakan rumus. Fungsi yang dapat digunakan untuk membuat histrogram adalah fungsi REPT dengan tambahan sedikit modifikasi pada jenis font.

Rumus Excel Untuk Membuat Grafik Histogram
Histogram sejatinya berupa grafik batang berbentuk horizontal maupun vertikal yang menunjukan nilai tertentu. Histogram horizontal, karena bentuknya yang sederhana ternyata bisa dibuat dari susunan karakter tetentu dalam sebuah sel.

Contoh Soal:
Anggaplah sudah tersedia sebuah tabel pencapaian target penjualan dari beberapa sales. Tabel terdiri atas 5 kolom, kolom ke-1 berisi nama SPG, kolom ke-2 berisi data target penjualan, kolom ke-3 berisi aktual pencapaian, kolom ke-4 berisi persen pencapaian dibanding target dan terakhir kolom ke-5 kita harus mengisinya dengan grafik histogram horizontal yang dihasilkan oleh sebuah formula excel. Gambaran contoh soal dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Contoh Soal Excel Membuat Rumus Grafik Histogram


Membuat Histogram Horizontal Menggunakan Rumus Excel


Untuk membuat histogram ini kita bisa menggunakan salah satu fungsi excel yang seperti nya jarang tersentuh oleh pengguna excel, yaitu fungsi REPT. Fungsi merupakan salah satu fungsi pengolah TEXT yang berguna untuk menghasilkan gabungan text yang sama sejumlah yang ditentukan dalam argumen fungsi.

Fungsi REPT dapat dituliskan sebagai berikut:

=REPT(text,jumlahPengulangan)

Misalnya:

  • Rumus =REPT("ka",1) hasilnya "ka"
  • Rumus =REPT("ka",2)  hasilnya "kaka"
  • Rumus =REPT("ka",3)  hasilnya "kakaka"

Begitu seterusnya, rumus REPT akan menghasilkan pengulangan text "ka" sejumlah nilai yang ditentukan pada argumen jumlahPengulangan.

Kemampuan fungsi REPT ini yang bisa dimanfaatkan untuk membuat grafik histogram horizontal. Caranya adalah dengan menmilih karakter tertentu dan jenis font yang tepat sehingga jika karakter tersebut disusun secara berulang akan membentuk sebuah balok.

Dengan menggunakan tabel contoh, maka kita bisa membuat rumus di cell E2 sebagai berikut:

=REPT("|",D2*100/10)

Kemudian copy rumus tersebut ke sel di bawahnya sampai baris terakhir dalam tabel.

Set jenis font di kolom E = "Arial"

Maka kita akan melihat susunan pengulangan karakter "|" dengan jumlah berbanding lurus dengan persentase pencapaian target. Pembagi 10 dimaksudkan supaya susunan karakter tidak terlalu panjang.

Contoh Rumus Excel REPT Membuat Histogram Horizontal



Untuk mendapatkan bentuk grafik histogram yang lebih menarik, kita bisa mencoba beberapa karakter dengan jenis font tertentu. Sebagai contoh,  jika jenis font pada gambar diatas dirubah menjadi font "Britannic Bold" maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

Contoh Rumus Excel REPT Histogram Horizontal


Sampai pada tahap ini kita sudah berhasil membuat grafik histogram horizontal menggunakan rumus excel. Cara kerja dan metode cara kerja rumus ini sangat mudah dan sederhana. Yang diperlukan hanya sedikit kreatifitas dengan mencoba berbagai karakter dan jenis font untuk mendapatkan tampilan grafik yang lebih menarik.

Demikian pembahasan contoh rumus excel untuk membuat grafik histogram. Semoga bermanfaat.

Contoh Rumus Excel Lainnya:



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.