Monday, May 7, 2018

Konversi Huruf Menjadi Angka Nomor Urut Kolom

Untuk mengkonversi huruf nama kolom excel menjadi angka atau nomor urut bisa dilakukan dengan sangat mudah yaitu dengan mengaktifkan setting R1C1 Style. Namun tunggu dulu, dalam pembahasan ini kita tidak mengulas cara tersebut, akan tetapi kita akan mengulas bagaimana menggunakan sebuah rumus excel untuk merubah huruf kolom menjadi angka yang mewakili nomor urut kolom dalam spreadsheet. Fungsi yang digunakan untuk tujuan ini merupakan kombinasi fungsi COLUMN dan INDIRECT.

Contoh Soal.


Anggaplah sudah tersedia sebuah tabel terdiri atas 2 kolom. Kolom ke-1 berisi data nama kolom excel (huruf), sedangkan kolom ke-2 berisi data nomor urut kolom yang mengacu pada data nama kolom yang ada di kolom ke-1 . Untuk mengisi tabel di kolom ke-2 tidak boleh diketik secara langsung nomor urut kolomnya, tetapi harus menggunakan rumus excel.


Bagaimana rumus nya?

Untuk mengkonversi huruf kolom menjadi nomor urut kolom dapat dilakukan menggunakan rumus yang sangat sederhana, yaitu dengan bantuan fungsi COLUMN dan INDIRECT.

Fungsi INDIRECT digunakan untuk mereferensikan sebuah alamat sel atau range secara tidak langsung.

Misalnya: rumus =INDIRECT("A1")  akan menghasilkan nilai yang ada dalam cel A1. Akan tetapi rumus =INDIRECT(A1) tidak akan menghasilkan nilai di sel A1, melainkan secara tidak langsung akan merujuk pada alamat sel yang diketik di sel A1. Jadi kalau kita ketik "B2" di sel A1, maka rumus =INDIRECT(A1) akan menghasilkan nilai yang ada di sel B2 (bukan di sel A1). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:



Dari gambar di atas perhatikan  hasil rumus =INDIRECT("A1") dan bandingkan dengan hasil rumus =INDIRECT(A1)

Lalu bagaimana kaitannya dengan peranan fungsi INDIRECT untuk mengkonversi huruf kolom menjadi angka. Untuk itu perhatikan kembali rumus INDIRECT("A1").  Fungsi ini akan merujuk pada alamat sel A1, dan kita tahu bahwa sel A1 terletak di urutan kolom nomor 1 dalam spreadsheet.

Fungsi COLUMN digunakan untuk mendapatkan nomor urut kolom pertama dari sebuah referensi sel atau range.

Misalnya: 
  • Rumus =COLUMN(A1) ⇒ hasil = 1
  • Rumus =COLUMN(B1) ⇒ hasil = 2
  • Rumus =COLUMN(C1) ⇒ hasil = 3
  • Dan begitu seterusnya.


Dengan mengganti parameter rumus COLUMN dengan rumus INDIRECT maka rumus di atas dapat dituliskan sebagai berikut:

  • Rumus =COLUMN(INDIRECT("A1") ⇒ hasil = 1
  • Rumus =COLUMN(INDIRECT("B1") ⇒ hasil = 2
  • Rumus =COLUMN(INDIRECT("C1") ⇒ hasil = 3


Karena dalam proses konversi huruf kolom menjadi nomor urut kolom, kita hanya mengetahui nama huruf kolomnya (tanpa angka baris) misalnya kolom A, Kolom B, Kolom C, dan seterusnya maka rumus di atas dapat kita modifikasi menjadi sebagai berikut:

  • Rumus =COLUMN(INDIRECT("A"&1) ⇒ hasil = 1
  • Rumus =COLUMN(INDIRECT("B"&1) ⇒ hasil = 2
  • Rumus =COLUMN(INDIRECT("C"&1) ⇒ hasil = 3


Misal: berapa nomor urut kolom XFD dalam lembar kerja excel? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita bisa membuat rumus seperti ini:  =COLUMN(INDIRECT("XFD"&1)  dimana rumus ini menghasilkan bilangan 16384

Selain mengetikan huruf kolom dalam rumus, kita juga bisa menggunakan referensi sel yang berisi nama kolom seperti contoh soal yang sudah dikemukakan pada bagian awal artikel ini. Adapun penerapannya dalam spreadsheet dapat dilihat dalam screenshot di bawah ini:



Catatan: rumus akan menghasilkan nilai error #REF jika tidak ada nama kolom dimaksud di lembar kerja excel. Seperti dapat dilihat di gambar pada baris terbawah, nilai error karena kolom maksimal di excel versi 2010 (versi yang sy gunakan) adalah kolom XFD,  sehingga lebih dari itu akan menghasilkan nilai error.

Demikian pembahasan singkat mengenai bagaimana mengkonversi nama kolom menjadi nomor urut kolom dalam lembar kerja excel. Semoga bermanfaat. 

Artikel terkait:



5 comments:

  1. trimakasih atas pencerahannya
    tetaplah berbagi dengan ikhlas, bravo.

    ReplyDelete
  2. Hurup t menjadi angka jdi berapa

    ReplyDelete
  3. Bagaimana merubah huruf yang bervariasi dalam satu cel pada Excel menjadi angka mutu pada cel sebelahnya, misal kita ketik huruf A maka akan keluar angka 4, jika mengetik huruf B maka akan keluar angka 3. Jadi disitu ada pilihan huruf.

    ReplyDelete
  4. Mantap, terima kasih atas tutorialnya...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.