Saturday, May 19, 2018

Rumus Excel Jika Minus Maka Nol

Rumus pengurangan menggunakan excel bisa menghasilkan bilangan positif, nol, atau negatif. Akan tetapi dalam beberapa kasus mungkin bilangan negatif atau minus tidak dikehendaki. Misalnya pada saat kita kita menginginkan nilai minimum hasil pengurangan adalah nol. Dengan kata lain jika operasi pengurangan menghasilkan bilangan minus maka bilangan tersebut harus dirubah menjadi Nol. Di excel hal ini dapat dibuat menggunakan rumus yang cukup sederhana. Dalam kesempatan ini akan disampaikan dua alternative rumus untuk keperluan tersebut. Rumus pertama menggunakan fungsi IF, sedangkan rumus kedua menggunakan fungsi MAX.

Rumus Excel Jika Minus Maka Nol
Contoh Soal:
Tersedia sebuah tabel dalam lembar kerja excel. Tabel tersebut terdiri atas 3 kolom. Kolom pertama berisi bilangan nilai awal, kolom kedua berisi nilai pengurang dan kolom ketiga berisi nilai akhir. Nilai pada kolom ketiga harus diformulasikan yaitu berupa pengurangan bilangan di kolom pertama dengan nilai pada kolom ke-2 dengan satu syarat: Jika hasil pengurangan berupa bilangan negatif atau minus, maka hasil akhirnya harus bilangan Nol.

Gambaran contoh soal dapat dilihat dalam screenshot berikut ini.

Contoh Soal Excel Jika Minus Maka Nol


Untuk menjawab soal tersebut, disini kita akan mengunakan dua alternative rumus. Yaitu rumus IF dan rumus MAX.

Contoh rumus pertama: Menjadikan Nilai Minus menjadi Nol menggunakan rumus IF.


Secara umum, rumus IF untuk tujuan ini dapat dituliskan sebagai berikut:

=IF(nilai-pengurang<0,0,nilai-pengurang)

Logika rumus tersebut dapat kita uraikan sebagai berikut: Jika nilai dikurangi pengurang hasilnya lebih kecil dari Nol, maka hasil akhir sama dengan Nol, jika tidak kurang dari nol maka hasilnya sama dengan nilai dikurangi pengurang.

Dengan menerapkan pola rumus diatas pada spreadsheet di sel C2, maka rumus dapat dituliskan sebagai berikut

=IF(A2-B2<0,0,A2-B2)

Copy rumus dari sel B2 tersebut ke sel dibawahnya sampai baris akhir tabel. Maka kita akan melihat hasilnya seperti screenshot di bawah ini.


Contoh Rumus Excel IF Jika Minus Maka Nol

Perhatikan sel yang di-hightlight kuning pada gambar di atas. Misalnya sel C2. Kita tahu bahwa 25 dikurangi 30 seharusnya adalah -5. Namun dengan menggunakan fungsi IF bilangan minus dapat kita ganti menjadi Nol.

Contoh Rumus Kedua: Menjadikan Nilai Minus Menjadi Nol Menggunakan Fungsi MAX.


Fungsi MAX akan menghasilkan nilai maksimum dari serangkaian bilangan. Dengan kegunaan nya ini kita bisa membandingkan nilai negatif dengan nol untuk menghasilkan nilai nol, karena nol pasti lebih besar nilainya dari bilangan negatif.

Rumus Umum:
=MAX(0,nilai-pengurang)

Rumus di atas dapat dibaca sebagai berikut: Fungsi MAX mencari nilai maksimum atau terbesar apakah nilai nol atau nilai-pengurang. Ini artinya jika nilai dikurangi pengurang hasilnya minus maka fungsi MAX akan memilih nol sebagai hasil dari rumus tersebut.

Dengan menerapkan fungsi MAX pada contoh soal, maka kita bisa menuliskan rumus di cell C2 sebagai berikut:

=MAX(0,A2-B2)

Copy rumus tersebut sampai baris akhir tabel, sehingga hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini:

Contoh Rumus Excel MAX Jika Minus Maka Nol


Dari gambar di atas, kita dapat melihat kolom Nilai Akhir berisi bilangan dengan nilai minimal 0, bukan bilangan negatif. Hal ini karena karena fungsi MAX membandingkan bilangan negatif dan bilangan NOL kemudian menghasilkan bilangan Nol.


Demikian pembahasan sangat singkat mengenai contoh rumus excel untuk operasi pengurangan dengan syarat jika hasilnya negatif atau minus maka hasil akhir dijadikan nol. Semoga penjelasan dengan bahasa Indonesia dan tehnik menulis seadanya ini dapat mudah difahami. Terimakasih.

Contoh rumus excel lainnya:


7 comments:

  1. sangat bermamfaat,,, maksih ilmunya

    ReplyDelete
  2. kenapa punya saya eror ya
    the formula tipe contain an eror

    ReplyDelete
  3. kalau menghitung jarak kan tidak mungkin minus ya, terkadang ada kita ketemu di excel (10)km misalkan, itu gimana caranya supaya apapun angkanya selalu plus, atau di excel tidak ada tanda kurungnya

    ReplyDelete
  4. terimakasih,sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.