Thursday, May 17, 2018

Merubah Angka Menjadi Bulan

Dalam postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai cara merubah tanggal menjadi hari dan bulan. Nah dalam kesempatan ini kita akan membahas mengenai contoh rumus untuk merubah angka menjadi bulan. Dengan memahami tehnik ini, kita bisa dengan mudah mengkonversi bilangan 1 s/d 12 menjai text bulan “January” s.d “December”. Fungsi yang dapat digunakan dalam formula ini adalah fungsi TEXT dan fungsi DATE. Untuk memastikan supaya nama bulan dalam bahasa Indonesia, maka kode “[$-421]” perlu ditambahkan dalam parameter fungsi TEXT.  Dengan kode tersebut maka kita bisa merubah angka 1,2 s/d 12 menjadi “Januari”, “Februari” s/d “Desember” dalam bahasa Indonesia.

Rumus Excel Merubah Angka Menjadi Bulan

Contoh soal:



Anggaplah terdapat sebuah tabel terdiri atas 2 kolom. Kolom pertama berisi bilangan 1 s/d 12 dan kolom ke-2 berisi Nama Bulan. Data Nama bulan di kolom ke-2 tidak boleh diketik secara langsung. Namun harus diformulasikan dengan mengambil referensi dari kolom pertama. Contoh soal dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.

Contoh Soal Excel Merubah Angka dan Bulan


Sebagaimana sudah dibahas dalam artikel merubah tanggal menjadi hari dan bulan, kita bisa merubah data berjenis tanggal menjadi nama bulan dengan rumus =TEXT(tanggal,"mmmm"). Dalam kasus tersebut diasumsikan sudah tersedia argumen tanggal yaitu data yang memang ber-type tanggal (date) dan diinput secara tepat mengikuti kaidah penulisan tanggal di excel.

Sedangkan dalam konteks pembahasan kali ini, di dalam tabel hanya tersedia bilangan 1 s/d 12, bukan data bertype tanggal. Karena angka tersebut akan dikonversi menjadi nama bulan, maka kita harus memperlakukannya sebagai bulan. Proses ini dapat dibantu menggunakan fungsi DATE yang nantinya digunakan untuk menempati parameter value tanggal dalam fungsi TEXT.

=DATE(tahun,bulan,hari)

Argumen tahun dan hari dapat kita ganti dengan sembarang angka positif, sedangkan argumen bulan dapat diganti dengan nomor urut bulan yang ingin kita rubah menjadi nama bulan. Fungsi DATE ini akan menghasilkan data bertype tanggal dengan bulan yang ditentukan.

Misalnya: anggaplah kita gunakan angka 1 untuk menggantkan parameter tahun dan tanggal. Maka rumus DATE dapat dituliskan sebagai berikut:

=DATE(1,1,1) ⇒ hasilnya adalah tanggal 1/1/2017  (format "d/m/yyyy")
=DATE(1,2,1) ⇒ hasilnya adalah tanggal 1/2/2017  (format "d/m/yyyy")
=DATE(1,3,1) ⇒ hasilnya adalah tanggal 1/3/2017  (format "d/m/yyyy")

Hasil dari fungsi DATE di atas kemudian dapat diolah lagi menggunakan fungsi TEXT sehingga dapat dikonversi menjadi nama bulan. Pada akhirnya rumus dapat ditulis sebagai berikut:

=TEXT(DATE(1,1,1), "mmmm")  Hasilnya "January"
=TEXT(DATE(1,2,1), "mmmm") ⇒ Hasilnya "February"
=TEXT(DATE(1,3,1), "mmmm")  Hasilnya "March"

Atas dasar contoh di atas dan jika bilangan nomor urut bulan diletakan di sel A2,  maka rumus dapat dituliskan sebagai berikut:

=TEXT(DATE(1,A2,1), "mmmm") 

Ketik rumus tersebut di sel B2 kemudian copy dan paste ke sel di bawahnya, sehingga hasilnya akan nampak seperti screenshot di bawah ini.


Contoh Rumus Excel Merubah Angkak Menjadi Bulan


Catatan: Dari contoh di atas, rumus menghasilkan nama bulan dalam bahasa Inggris. Hal ini karena nama bulan yang diperoleh dengan kode "mmmm" akan tergantung pada language setting komputer yang anda gunakan. Jika komputer anda menggunakan setting Indonesia, mungkin hasilnya akan berbeda dengan contoh gambar di atas.

Untuk memaksa rumus supaya menghasilkan nama bulan dalam bahasa indonesia maka kita bisa memodifikasi format dengan menambahkan kode "[$-421]", sehingga rumus di sel B2 dapat kita tuliskan sebagai berikut:

=TEXT(DATE(1,A2,1), "[$-421]mmmm") 

Copy rumus di atas sampai baris akhir data, maka hasilnya dapat kita lihat seperti screenshot di bawah ini

Contoh Rumus Excel Angka Menjadi Bulan Bahasa Indonesia


Sampai pada tahap ini, kita sudah berhasil mengkonversi bilangan nomor urut bulan menjadi nama bulan dalam bahasa Indonesia.

Demikian pembahasan singkat mengenai contoh rumus untuk merubah angka menjadi bulan dan bagaimana cara memaksa rumus supaya menghasilkan nama bulan dalam bahasa Indonesia. Harapannya, postingan ini bisa bermanfaat bagi saya sendiri dan juga bagi pembaca.

Contoh Rumus Excel Lainnya:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.