Friday, May 25, 2018

Menjumlahkan Nilai Terendah di Excel

Menjumlahkan beberapa nilai terendah atau terkecil di Excel dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan rumus. Adapun fungsi yang dapat digunakan untuk keperluan ini adalah gabungan fungsi SUMPRODUCT dan fungsi SMALL. Selain itu, penjumlahan nilai terendah juga bisa dilakukan menggunakan kombinasi fungsi SUM dan SMALL 

Contoh:


Contoh Rumus Excel Menjumlahkan Nilai Terkecil


Rumus Umum:

=SUMPRODUCT(SMALL(rangeJumlah,{1,2,N}))

Penjelasan:


rangeJumlah = range dalam lembar kerja excel yang berisi data bilangan yang ingin kita jumlahkan beberapa nilai terkecil nya.

N = Bilangan dalam tanda kurung kurawal sejumlah 1 bilangan atau lebih menunjukan nilai terendah ke berapa saja yang ingin dijumlahkan, misalnya:

Menjumlahkan 2 nilai terendah:
=SUMPRODUCT(SMALL(rangeJumlah,{1,2}))

Menjumlahkan 3 nilai terendah;
=SUMPRODUCT(SMALL(rangeJumlah,{1,2,3}))

Menjumlahkan 4 nilai terendah;
=SUMPRODUCT(SMALL(rangeJumlah,{1,2,3,4}))

Menjumlahkan nilai terendah ke-1 dan ke-4
=SUMPRODUCT(SMALL(rangeJumlah,{1,4}))

Sesuai gambar contoh, sel aktif yaitu cell E4 memiliki formula sebagai berikut: =SUMPRODUCT(SMALL(B4:B13,{1,2}))

Rumus tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut: menjumlahkan nilai terkecil ke-1 dan terkecil ke-2 dari kumpulan nilai yang ada di dalam range B4:B13. Dengan kata lain, dapat juga diartikan sebagai penjumlahan 2 bilangan terkecil di antara beberapa bilangan yang ada dalam range B4:B13

Cara Kerja Rumus


Fungsi SMALL berperan untuk mendapatkan nilai tekecil ke-N dari bilangan-bilangan yang ada dalam rangeJumlah (range B4:B13)

= SMALL(B4:B13,1) ⇒ mendapatkan nilai terkecil ke-1 dari range B4:B13
= SMALL(B4:B13,2) ⇒ mendapatkan nilai terkecil ke-2 dari range B4:B13

Karena kita menginginkan beberapa tingkat nilai nilai terendah , maka parameter N perlu diletakan di dalam tanda kurang kurawal

=SMALL(B4:B13,{1,2}) ⇒ Mendapatkan nilai terkecil ke-1 dan ke-2 dari range B4:B13

Rumus ini jika diletakan tersendiri maka akan menghasilkan nilai N pertama dalam array. Dalam hal ini adalah nilai terendah ke-1 karena angka 1 merupakan elemen pertama dalam array {1,2}. Namun jika rumus tersebut dikombinasikan dengan fungsi SUMPRODUCT, maka kedua nilai terendah tesebut dapat dikalkulasi dan dijumlahkan.

Fungsi SUMPRODUCT berperan untuk menjumlahkan semua nilai yang dihasilkan oleh fungsi SMALL

=SUMPRODUCT(SMALL(B4:B13,{1,2})) ⇒ Fungsi SUMPRODUCT bekerja untuk menjumlahkan bilangan terendah ke-1 dan terendah ke-2 dalam range B4:B13 yang dihasilkan oleh fungsi SMALL.
Hasilnya adalah 3, yaitu merupakan hasil penjumlahan bilangan 1 (nilai terkecil ke-1) dan bilangan 2 (nilai terkecil ke-2)

Silahkan dicoba dan perhatikan hasilnya, jika kita merubah elemen-elemen array, misalnya:

=SUMPRODUCT(SMALL(B4:B13,{1,2}))

=SUMPRODUCT(SMALL(B4:B13,{1,2,3}))

=SUMPRODUCT(SMALL(B4:B13,{1,4}))


Alternative Rumus Lainnya.


Sebagai alternative, kita juga bisa mengganti fungsi SUMPRODUCT dengan fungsi SUM dalam bentuk formula array untuk menjumlahkan beberapa nilai terendah.

Caranya:


Ketik contoh rumus berikut pada sel E4

=SUM(SMALL(B4:B13,{1,2}))

Begitu selesai diketik, kemudian tekan Ctrl + Shift + Enter.
Maka di formula bar, kita bisa melihat bahwa rumus tersebut berada di dalam tanda kurung kurawal. Tanda inilah yang menunjukan bahwa sebuah rumus merupakan rumus array.

{=SUM(SMALL(B4:B13,{1,2}))}

Hasilnya = 3

Catatan: Terlepas dari penjelasan di atas, ternyata kombinasi fungsi SUM dan SMALL  juga dapat bekerja dengan baik tanpa perlu menggunakan bentuk rumus array.

Demikian pembahasan super singkat mengenai contoh rumus untuk menjumlahkan beberapa nilai terendah atau terkecil di excel.  Semoga bermanfaat

Contoh Rumus Excel Lainnya



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.