Monday, May 28, 2018

Rumus Penjumlahan Berdasarkan Grup

Menjumlahkan nilai berdasarkan grup sangat berguna untuk mengetahui total nilai terkait kelompok kategori data tertentu dalam sebuah tabel. Contoh rumus yang akan dijelaskan dalam kesempatan ini dapat diterapkan pada sebuah tabel dimana data sudah disortir berdasarkan kriteria grup, sehingga item grup mengelompok, tidak acak. Dengan demikian kita bisa membuat rumus total jumlah nilai grup tertentu setiap baris pertama dalam grup.

Contoh:



  
Contoh Rumus Excel Penjumlahan Grup


Rumus Umum:

=IF(A2<>A1,SUMIF(rangeKriteria,Kriteria,rangeJumlah),"")

Penjelasan:

A2<>A1 merupakan expresi untuk mengecek konten sebuah sel apakah tidak sama dengan konten sel di atasnya. Jika tidak sama makan proses penjumlahan nilai grup  akan dilakukan.

rangeKriteria = range grup yang dijadikan sebagai kriteria dalam proses penjumlahan. Dalam hal adalah kolom warna (range A5:A14)

Kriteria = grup yang ingin dijumlahkan nilainya. Kriteria grup ini akan diambil dari konten pada salah satu sel dalam rangeKriteria (A5:A14) 

rangeJumlah = range pada kolom jumlah (range B5:B14) yang akan dijumlahkan nilainya per masing-masing grup.

Cara Kerja Rumus


Perhatikan contoh rumus excel di atas untuk menghitung jumlah nilai masing-masing grup warna.

=IF(A5<>A4,SUMIF(A5:A14,A5,B5:B14),"")

Rumus tersebut menggunakan kombinasi fungsi IF dan SUMIF.

Fungsi IF berguna untuk mengecek apakah konten sel A5 sama atau tidak dengan sel di atasnya (sel A4).  Jika berbeda maka  hasilnya adalah TRUE, sebaliknya jika sama maka hasilnya adalah FALSE.

Fungsi SUMIF berperan untuk menindaklanjuti jika A5<>A4 bernilai TRUE. Dengan kata lain konten sel A5 berbeda dengan konten A4. Fungsi SUMIF ini menjumlahkan nilai pada rangeJumlah (B5:B14) dengan mengacu pada kriteria warna (sel A5) yang ditemukan pada konten pada rangeKriteria (A5:A14) 

Jika A5<>A4 bernilai FALSE atau konten A5 sama dengan konten A4 maka rumus akan menghasilkan nilai blank ""

Supaya referensi rangeKriteria (A5:A14) dan rangeJumlah (B5:B14) tidak bergeser ketika rumus  di copy-paste ke sel di bawahnya maka kita perlu menerapkan referensi absolute. Sehingga rumus dapat dituliskan sebagai berikut:

=IF(A5<>A4,SUMIF($A$5:$A$14,A5,$B$5:$B$14),"")

Alternative Rumus Untuk Menjumlahkan Berdasarkan Grup


Selain menggunakan fungsi SUMIF, kita juga bisa menggunakan fungsi lainnya untuk proses penjumlahan berdasarkan grup. Misalnya fungsi SUMIFS dan SUMPRODUCT.

Penjumlahan Grup Menggunakan Kombinasi IF dan SUMIFS
=IF(A5<>A4,SUMIFS(B5:B14,A5:A14,A5))

Penjumlahan Grup Menggunakan Kombinasi IF dan SUMPRODUCT
=IF(A5<>A4,SUMPRODUCT((A5:A14=A5)*B5:B14),"")

Demikian pembahasan singkat mengenai contoh rumus excel untuk menjumlahkan nilai per masing-masing grup. Semoga bermanfaat.

Contoh rumus excel lainnya:



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.