Friday, April 13, 2018

Rumus LOLOS GAGAL Tanpa Fungsi IF




Ternyata tidak harus menggunakan fungsi IF untuk bisa membuat rumus keterangan “LOLOS” / “GAGAL”, keterangan “BAIK” / “BURUK”, keterangan “GANTENG” / “JELEK” ataupun keterangan kategori apapun yang terdiri atas dua pilihan. Hebatnya lagi, bahkan tidak diperlukan Fungsi excel apapun. Sangat praktis, cukup menggunakan rumus matematika pengurangan sederhana, dan tentu saja dengan sedikit modifikasi format number.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk diintip langkah-langkahnya.

Contoh Kasus:



Anggaplah anda anda ditugaskan untuk merekap skor seleksi awal sebuah penyaringan bakat. Seorang peserta dinyatakan lolos ke tahap berikutnya jika mencapai skor minimal. Bagaimana cara anda melakukannya dengan menggunakan rumus EXCEL?

Kebanyakan user Excel mungkin akan langsung melahap tugas tersebut dengan cara menggunakan rumus IF yang alur logikanya seperti ini:  =IF(score >= nilai_minimum,”LOLOS”,”GAGAL”) . Yang artinya: Jika score peserta melebihi atau sama dengan nilai minimum, maka dinyatakan “LOLOS”, sebaliknya jika score minimum tidak tercapai, maka peserta dinyatakan “GAGAL”.

Fungsi IF untuk kasus ini memang sangat sederhana dan sangat mudah, Namun karena kita ingin mencoba yang tidak biasa, maka lupakanlah sejenak fungsi IF, dan mari berfikir out of the box.

Kembali ke masalah kategori. Tujuan rumus yang kita buat hanya mendapatkan satu kriteria dari dari 2 pilihan kategori. Jika  ini dianalogikan dengan bilangan, kita hanya perlu nilai positif atau negatif. Nilai positif jika score minimun tercapai (dalam kasus ini angka nol dimasukan ke positif). Dan nilai negatif jika score minimum tidak tercapai.

Nah angka positif dan negatif inilah yang dapat kita olah format number-nya sehingga bisa menampilkan keterangan yang kita inginkan yaitu :

Kategori “LOLOS” jika score lebih dari atau sama dengan nilai minimum.
Kategori “GAGAL” jika keadaan sebaliknya yaitu nilai minim tidak tercapai.

Perhatikan screenshot di bawah ini.


Dari gambar tersebut , kita mengetahui bahwa pada kolom keterangan hanya cukup diketikan rumus operasi pengurangan yaitu nilai score dikurangkan standar kelolosan, dalam hal ini standar score 75. 
Tugas kita sekarang adalah merubah bilangan tersebut menjadi keterangan “LOLOS” atau “GAGAL”. Jika NOL atau Bilangan Positif berarti LOLOS dan jika Negatif berarti GAGAL.

Untuk tujuan tersebut, kita bisa menggunakan bantuan format number.

  • Seleksi data kolom keterangan, kemudian tekan CTR+1 atau klik kanan >> Format Cells
  • Masuk ke Tab Number >> pilih category Custom
  • Pada kotak input Type, tuliskan custom number berikut:  "LOLOS";"GAGAL"




  • Lalu klik OK.


Dan… Jrenggg, kita berhasil membuat keterangan “LOLOS” dan “GAGAL” seperti dalam gambar ini.


Penting diperhatikan:
Cara membuat kategori LOLOS atau GAGAL seperti ini tidak merubah value atau konten dalam sel. Cara ini hanya merubah tampilan nilai nol dan positif menjadi text “LOLOS”, dan nilai negatif menjadi text “GAGAL”. Sehingga jika kita membuat sebuah rumus matematika yang menggunakan referensi data di kolom keterangan maka kita masih bisa mendapatkan bilangan dan tidak error. Sedangkan operasi matematika akan error jika mengacu pada referensi text.

Demikian pembahasan singkat ini mengenai cara membuat keterangan “LOLOS” / “GAGAL” tanpa menggunakan fungsi IF. Harapannya ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita mengenai pilihan alternatif dalam menjalankan tugas-tugas menggunakan excel. Ingat: Tujuan mungkin hanya 1, Tetapi Jalan yang dilalui bisa berbeda.

Terimakasih.

Artikel terkait:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.