Sunday, April 29, 2018

Konversi Text Menjadi Bilangan


Rumus Excel Konversi Text Numerik
Konversi text menjadi bilangan (numerik) cukup penting untuk diketahui karena ada beberapa kasus rumus yang bisa menghasilkan nilai error gara-gara masalah type data ini. Sebagai contoh: rumus VLOOKUP akan menghasilkan nilai error jika digunakan untuk mencari bilangan dalam sebuah kolom  berisi text yang nampak seperti bilangan. Untuk mengatasi problem ini, maka mau tidak mau kita harus mengkonversi terlebih dahulu text menjadi bilangan.

Mengenali Data Type Text dan Numerik (Bilangan)




Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu cara membedakan mana data type text dan mana data type numerik.

Yang dimaksud text disini adalah text yang menyerupai numerik karena penulisan bilangan didahului tanda petik 1 ( ‘ ) sehingga excel membacanya sebagai text. Kita sebut saja “text bilangan”. Aplikasi excel pun sebenarnya sudah menyediakan cara yang sangat mudah untuk mengidentifikasi data mana yang berupa text dan mana yang merupakan bilangan, seperti terlihat dalam screenshot di bawah ini:

Membedakan text dan numerik pada excel

Dari gambar di atas, type data text dapat diketahui dari 2 cara.
  • Pertama : data text bilangan memiliki tanda segitiga kecil warna hijau pada pojok kiri atas sel.
  • Kedua : Pada kondisi format default data text akan rata kiri, sedangkan data bilangan rata kanan.

Selain menggunakan cara visual seperti di atas, kita juga bisa mengenali data text dengan menggunakan bantuan fungsi ISTEXT. Fungsi ini akan memberikan nilai TRUE, jika parameter yang di-cek memang berupa text.

Fungsi ISTEXT dapat dituliskan dengan syntax sebagai berikut:

=ISTEXT(value)

Dimana value adalah data yang dicek, dalam hal ini bisa berupa referensi sebuah sel.
Misalnya: untuk mengecek data yang ada di sel A2 apakah merupakan text atau tidak, maka kita bisa menuliskan rumus seperti di bawah ini:

=ISTEXT(A1)

Rumus ISTEXT


Perhatikan gambar diatas. Rumus =ISTEXT(A1) menghasilkan nilai FALSE, karen sel A1 berisi data type text, sedangkan pada baris ke-2, rumus =ISTEXT(A2) menghasilkan nilai TRUE karena sel A2 berisi data type numerik.

Setelah kita bisa membedakan mana text bilangan dan mana yang benar-benar bilangan, mari kita lanjut ke pembahasan utama yaitu contoh rumus untuk konversi text bilangan menjadi bilangan.

Contoh Rumus Konversi Text Menyerupai Bilangan Menjadi Numerik


Ada beberapa rumus yang dapat digunakan untuk mengkonversi text menjadi bilangan, diantaranya :

  • Mengalikan text bilangan dengan Satu.
  • Menambahkan text bilangan dengan Nol
  • Menggunakan double unary ( -- )
  • Menggunakan fungsi VALUE

Anggaplah kita ingin mengkonversi sebuah text bilangan yang terletak di sel A2. 

Contoh Rumus 1: Kita bisa membuat rumus perkalian sederhana  dengan referensi sel A2 dikalikan dengan angka 1.

=A2*1

Rumus Excel Perkalian

Dari hasil perkalian tersebut, nampak hasilnya adalah data yang benar-benar bilangan yang ditandai format alignment rata kanan pada kondisi default.

Contoh Rumus 2:  Dengan cara menambahkan text bilangan dengan angka Nol

=A2*1

Rumus Excel Penambahan

Contoh Rumus 3: Dengan menggunakan tanda minus ganda atau double unary (--)
tanda minus dua atau double unary nampaknya bekerja dengan mengalikan data terhadap -1 sejumlah 2 kali. Secara matematis, negatif dikali negatif samadengan positif.

=--A2

excel double unary


Contoh Rumus 4: Menggunakan fungsi VALUE

Fungsi VALUE dapat dituliskan dengan syntax =VALUE(text), jika text kita ganti dengan referensi  A1 maka rumus dapat dituliskan:

=VALUE(A2)

Cara Menggunakan Rumus VALUE di Excel


Selain menggunakan fungsi VALUE, kita juga bisa mencobanya dengan fungsi lainnya. Jika output yang dihasilkan berupa bilangan yang ditandai dengan format alignment rata kanan secara default, maka berarti fungsi tersebut berhasil mengkonversi text bilangan menjadi bilangan.

Dari contoh-contoh yang sudah diperlihatkan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengkonversi text bilangan menjadi benar-benar bilangan (numerik) hanya diperlukan rumus yang sangat sederhana. Namun meskipun sangat sederhana, pemahaman mengenai hal sangat penting karena excel akan memperlakukan data text dan bilangan / numerik secara berbeda, dan hal ini bisa berpengaruh terhadap hasil kalkulasi data.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mengkonversi text bilangan menjadi bilangan / numerik. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.