Tuesday, April 10, 2018

Rumus VLOOKUP Untuk Mencari Nama Barang


Rumus VLOOKUP Untuk Mencari Barang
Salah satu kegunaan rumus VLOOKUP adalah untuk mencari nama barang berdasarkan code yang sudah diketahui. Tidak perlu repot-repot melelahkan mata untuk mencari nama barang dalam sebuah list data. Namun cukup buat saja sebuah rumus VLOOKUP menggunakan program Ms Excel. Selanjutnya kita cukup menginput code tertentu, maka nama barang seketika akan muncul. 

Untuk membuat rumus menggunakan fungsi VLOOKUP ini tidaklah terlalu sulit. Silahkan perhatikan baik-baik contoh berikut:

Contoh dibawah ini akan lebih mudah difahami jika anda meng-copy tabel contoh ke dalam program Ms Excel. Copy kan tepat pada sel A1.


A1
B
C
D
2
Code                 :
11345

3
Nama Barang :
=VLOOKUP(C2,B7:C13,2,0)
>> Mencari code 11345 (sel C2) pada range B7:C13 kolom pertama (kolom code) dan mendapatkan data pada kolom ke-2 (kolom nama barang) yang sebaris dengan code yang dicari. Untuk code 11345, nama barangya = mendoan.
Jika kode barang yang sesuai tidak ditemukan maka rumus akan menghasilkan nilai error #N/A
4



5



6
Code
Nama Barang

7
11232
Pisang Goreng

8
11234
Ikan Asin

9
11345
Mendoan

10
11355
Bala-Bala

11
11357
Tempe Kering

12
11564
Kue Donat

13
12664
Tahu Bulat



Cara kerja rumus VLOOKUP untuk mencari nama barang berdasarkan code yang sudah diketahui:
  1. Tentukan code yang akan dicari, bisa diketikan langsung dalam rumus VLOOKUP, namun disarankan code tersebut diletakan dalam sebuah sel seperti contoh tabel di atas yaitu sel C2 yang berisi nilai code 11345
  2. Tentukan sebuah tabel yang memiliki kolom berisi list code dan kolom lainnya berisi list nama barang. Pastikan list code harus berada pada kolom paling kiri atau kolom pertama. Dalam contoh diatas kita menggunakan sebuah tabel pada range B7:C1 yang berisi 2 kolom. Kolom ke-1 berisi list code, dan kolom ke-2 berisi list nama barang. Anda bisa memodifikasi cara penulisan range B7:C1 menjadi $B$7:$C$1 supaya jika dicopy ke sel lainnya akan tetap mengacu pada referensi range tersebut. Alternative lainnya adalah dengan membuat nama range.
  3. Tentukan urutan kolom dalam tabel yang berisi nama barang, dalam contoh di atas adalah kolom ke-2. Angka ini bisa disesuaikan tergantung tabel referensi yang tersedia. Dalam praktek nyata mungkin saja anda memiliki tabel lain yang berisi banyak kolom. Namun yang perlu diingat adalah kolom yang menjadi kunci pencarian harus terletak di sebelah kiri.
  4. Angka 0 (Nol) menunjukan bahwa rumus VLOOKUP akan mencari benar-benar angka yang matching dengan code yang diketahui, bukan sekedar angka pendekatan. Jika menghilangkan angka nol pada parameter paling akhir dari rumus VLOOKUP, maka mungkin saja rumus akan menghasilkan nilai error ataupun hasil  yang tidak benar.


Demikian penjelasan ringkas cara menggunakan Rumus VLOOKUP untuk mencari nama barang. 

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:
Cara VLOOKUP Gambar dan Foto di Excel
Rumus VLOOKUP Untuk Pengelompokan Nilai
Rumus IF Untuk Range Nilai Ujian
Rumus VLOOKUP


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.