Wednesday, June 27, 2018

Penjumlahan Jika Lebih Besar dan Lebih Kecil

Penjumlahan bersyarat jika nilai lebih besar dan lebih kecil dapat diartikan juga sebagai penjumlahan bilangan yang terletak diantara nilai batas bawah dan nilai batas atas. Contoh praktisnya: Misalnya berapa sih jumlah total semua bilangan yang lebih besar dari 100, namun lebih kecil dari 200. Dalam hal ini nilai 100 sebagai batas bawah, dan nilai 200 sebagai batas atas, sehingga juga dapat dijabarkan sebagai penjumlahan semua bilangan yang ada diantara nilai 100 dan 200.

Rumus excel untuk melakukan penjumlahan bersyarat jenis ini tergolong mudah dan sederhana, cukup diperlukan satu fungsi saja yaitu fungsi SUMIFS. Sebagai alternatif, kita juga bisa membuat formula penjumlahan bersyarat jika lebih tinggi dan lebih rendah menggunakan fungsi SUMPRODUCT dan fungsi SUM. Penggunaan fungsi SUM harus dalam bentuk rumus array.

Contoh Rumus


=SUMIFS(B5:B14,B5:B14,">100",B5:B14,"<200")

Rumus tersebut dapat digunakan untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada pada semua sel dalam range B5:B14 jika nilainya lebih besar dari 100 namun lebih kecil dari 200.

Contoh Rumus Excel Penjumlahan Jika Lebih Besar dan Kecil


Rumus Umum:


=SUMIFS(rgJumlah,rgKriteria,kriteriaBawah,rgKriteria,kriteriaAtas)

Penjelasan:


  • rgJumlah = rgKriteria, yaitu sebuah range berupa kolom dalam tabel, berisi bilangan yang akan dijumlahkan secara bersyarat jika lebih besar dan lebih kecil dari nilai tertentu. Dalam hal ini rgJumlah sama dengan rgKriteria karena kita menggunakan range yang sama, baik sebagai range nilai yang akan dijumlahkan maupun range sebagai tempat pengecekan kriteria lebih besar dan lebih kecil. Contoh: range B5:B14 
  • kriteriaBawah = syarat nilai bilangan yang akan dijumlahkan yaitu harus lebih besar dari batas bawah. Contoh :  ">100"  artinya bilangan yang bisa dijumlahkan, nilainya harus lebih besar dari 100.
  • kriteriaAtas = syarat nilai bilangan yang akan dijumlahkan yaitu harus lebih kecil atau kurang dari batas atas. Contoh: "<200" artinya bilangan yang bisa dijumlahkan, nilainya harus lebih kecil atau kurang dari 200.


Cara Kerja Rumus


Perhatikan contoh rumus:

=SUMIFS(B5:B14,B5:B14,">100",B5:B14,"<200")

Sebagaimana kita ketahui bahwa fungsi SUMIFS berguna untuk melakukan penjumlahan bersyarat dengan lebih dari satu kriteria. Ini artinya kita bisa menggunakan beberapa kriteria penjumlahan, seperti 2 kriteria, 3 kriteria, atau bahkan lebih banyak lagi.

Dalam hal contoh penjumlahan jika lebih besar dan lebih kecil, kita bisa menggunakan 2 kriteria:

  • Kriteria1= kriteriaBawah, yaitu ">100"
  • Kriteria2= kriteriaAtas, yaitu "<200"


Ini artiya bilangan yang dijumlahkan dalam range B5:B14 hanya bilangan yang nilainya lebih dari 100, tetapi kurang dari 200.

Perhatikan bilangan apa saja yang ada pada range B5:B14. Dari screenshot contoh di atas, kita dapat mengetahui bahwa bilangan yang memenuhi kriteria tersebut adalah 130, 150 dan 120. Sehingga formula akan memberikan hasil akhir 400, yaitu merupakan hasil penjumlahan 130 + 150 + 120.

Alternatif Rumus.


Selain menggunakan fungsi SUMIFS, sebagai alternatif kita juga bisa menggunakan fungsi lainnya untuk membuat rumus penjumlahan bersyarat jika lebih besar dan lebih kecil.

Dengan menggunakan contoh tabel yang sama, kita bisa menggunakan rumus berikut sebagai alternative.

Menggunakan fungsi SUMPRODUCT

=SUMPRODUCT((B5:B14>100)*(B5:B14<200)*B5:B14)

Menggunakan fungsi SUM dalam bentuk formula array

{=SUM((B5:B14>100)*(B5:B14<200)*B5:B14)}

Rumus array dapat diketahui dengan adanya tanda kurung kurawal {}, tanda tersebut jangan diketik secara langsung. Namun ketik rumus biasa (tanpa tanda kurung kurawal), setelah selesai mengetik rumus, kemudian tekan Ctrl + Shift + Enter, maka tanda kurung kurawal akan muncul pada bagian awal dan akhir rumus.

Demikian pembahasan singkat mengenai contoh rumus excel untuk menghitung jumlah bilangan yang lebih besar dan lebih kecil dari nilai tertentu dalam sebuah range data. Mudah-mudahan contoh sederhana ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Contoh Rumus Excel Lainnya




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan berkomentar.